HomeSeputar JeparaHari Santri Nasional. Khusnul Yazid : Santri Harus Ber'inovasi...

Hari Santri Nasional. Khusnul Yazid : Santri Harus Ber’inovasi Kreatif

Welahan, tribunjepara. com – Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2023, menjadi pengingat bahwa ulama dan santri punya peran besar dalam merebut kemerdekaan. Semangat perjuangan harus terus menyala kepada generasi, dan salah satu cara menjaganya dengan tetap meneruskan jiwa patriotis dan cinta tanah air.

” Peran santri untuk bangsa Indonesia sangat besar, dalam menjaga keutuhan NKRI. Dimana dahulunya santri ikut berjihad saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.”

Hal itu di ungkapkan Khusnul Yazid Petinggi (Kades) Kalipucang Kulon Kec. Welahan Jepara di kediamannya. Dirinya mengucapkan ” Selamat Hari Santri Nasional 2023. Semoga dihari santri ini militansi dan jihad untuk NKRI tak pernah padam,” ucapnya, Ahad 22/10.

Hari Santri Nasional. Khusnul Yazid : Santri Harus Ber’inovasi Kreatif

Yazid menuturkan, Pemerintah telah menetapkan “Hari santri” pada tanggal 22 Oktober , dengan tujuan pada masa ini untuk tetap mempertahankan NKRI dengan mengisi kegiatan kegiatan sesuai bidang masing-masing, terutama di bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan juga untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air.

“Militansi seorang santri saat ini masih tetap terjaga dan kapan pun saat negara Indonesia terancam, in Syaa Allah para santri akan mempertahankan, karena itu termasuk wajib hukumnya,” Tegas Yazid.

Menurutnya, Santri adalah mereka yang belajar agama dan melaksanakan aktivitas sehari-hari yang mencerminkan tentang agama terutama Ahlak. Dapat menjaga dirinya, perilakunya, dan juga bisa menjaga nama baik keluarga, dan sekolahnya dari perbuatan yang tidak baik.

Sebagai orang yang di tuakan di desa, Yazid berharap, Santri tidak hanya berkutat hanya belajar agama semata, tapi juga bisa mempunyai inovasi sesuai dengan bidang nya masing-masing. Selain berdakwah untuk mengamalkan ilmu agama, Namun dapat bergerak di segala bidang, seperti bidang pendidikan, UMKM, wiraswasta, dan mengikuti perkembangan zaman tekhnologi saat ini.

Di era saat ini, Santri harus inovasi, kreatif, selain ilmu keagamaan, dengan ilmu yang didapat dari pondok pesantren, diharapkan ketika terjun kemasyarakat dapat berguna untuk kemaslahatan umat,” Pungkas Yazid.

Selamat Hari Santri Nasional 2023. ” Jihad Santri Jayalah Negeri.” (once)

- Advertisement -

spot_img
spot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_img
spot_imgspot_imgspot_img